Selasa, 08 Mei 2012

Gelandang Terbaik 20 Tahun Terakhir

Posisi gelandang atau pemain tengah di sebuah klub sangat lah vital, sehingga tidak berlebihan jika banyak klub yang rela mengeluarkan biaya besar untuk mendapatkan para gelandang terbaik. Posisi gelandang di sebuah tim ibarat urat nadi dari permainan tim tersebut. Menang kalahnya sebuah tim sebagian besar di tentukan oleh kreatifitas yang di miliki oleh para gelandang nya.

Sejak sistem permainan ter-pola lahir, telah banyak pemain yang berposisi gelandang menjadi legenda di klub atau pun negara yang mereka bela. Sebut saja Zico di Brasil, Johan Cruff di Belanda, atau Zinedine Zidane di Prancis. Sedangkan para gelandang yang masih aktif bermain hingga saat ini, dunia mengenal akan kehebatan yang di miliki oleh Xavi Hernandez, Andrea Pirlo, dan bocah ajaib dari Swiss, Eden Hazard.

Dari sekian banyak gelandang terbaik yang telah muncul, berikut adalah 10 gelandang terbaik dari yang terbaik versi Stadion Sepak Bola.

10. Claude Makelele
Terkesan janggal memang, jika saya memilih seorang gelandang bertahan sebagai salah satu gelandang terbaik. Namun, tidak demikian halnya dengan pemain "kotor" yang satu ini. Makelele bukanlah gelandang bertahan biasa, dia adalah contoh terbaik dari pemain yang berperan sebagai pemecah serangan lawan. Kesuksesan Prancis di Piala Eropa 200 tidak lepas dari peran sang pemain. Semua pasti ingat betapa Real Madrid kewalahan ketika di tinggal pergi oleh Makelele.

9. Hidetosi Nakata
Pemain Asia tersukses di Liga Italia ini berhasil merebut gelar Scudeto ketika membela AS Roma di musim 2000/2001. Ketika banyak pengamat menilai perekrutan pemain-pemain dari Asia hanya untuk mendapatkan keuntungan Ekonomi saja, Nakata muncul dengan skil yang menawan. Sejak kesuksesan yang di raih oleh Nakata inilah, para pemain dari benua Asia tidak lagi di pandang sebelah mata di dunia sepak bola Eropa bahkan dunia.

8. Pavel Nedved
Tendangan kerasa terarah dan daya jelajah yang tinggi adalah deskripsi singkat mengenai pemain beramput pirang asal Republik Ceska ini. Sukses merajai Italia dan Eropa dengan dua tim berbeda (Lazio dan Juventus) membuat nama Nedved menjadi salah satu legenda di ranah sepak bola Liga Calcio.

7. Andrea Pirlo
Metamorposis posisi dari seorang playmaker menjadi deep-playing playmaker membuat peran Pirlo bagi tim semakin besar. Tidak dapat di pungkiri kesuksesan AC Milan ketika merajai Italia dan Eropa adalah berkat kehadiran Pirlo di lini tengah. Pada tahun 2006, sang pemain sukses membawa negaranya, Italia, menjadi yang terbaik di tingkat dunia.

6. David Beckham
Inilah pemain yang menjadi ikon sepak bola modern. Selain sukses di lapangan hijau, Beckham juga sukses di luar lapangan berkat kerja sama yang di lakukannya terhadap banyak sponsor. Bermain di posisi sayap kanan, sang pemain di kenal dengan akurasi crossing yang tinggi serta teknik tendangan bebas yang terkenal dengan sebutan banana kick.

5. Ricardo Kaka
Di datangkan dari Sao Paulo ketika belum menjadi siapa-siapa, Kaka justru menghentak dunia sepak bola berkat kesuksesan yang ia raih bersama AC Milan. Lima musim berkiprah bersama klub kota mode, Kaka sukses meraih gelar Scudetto dan Liga Champion sebelum hijrah ke La Liga Spanyol untuk bergabung bersama Real Madrid.

4. Ryan Giggs
The Weles Wizzard menjadi raja di sisi kiri permainan Manchester United selama lebih dari 20 tahun tanpa ada yang sanggup menggantikannya. Pemain tersukses di era baru Liga Inggris dan tentunya di Man Utd. Selain bermandi gelar bersama Man Utd, Giggs juga mencetak rekor sebagai pemain pertama yang mampu mencetak gol di liga champion selama 16 musim berturut-turut.

3. Xavi Hernandez
The King of Passing adalah julukan tak resmi yang di berikan oleh para pengamat sepak bola terhadap lulusan akademi La Massia ini. Keberadaan Xavi di lini tengah permainan Barcelona dan Spanyol membuat tugas pemain lain menjadi lebih mudah. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir setidaknya Xavi telah memberikan kesuksesan melimpah bagi klub dan negara.

2. Luis Figo
Terlahir dalam generasi emas sepak bola Portugal, Figo menjadi tulang punggung tim nasional selama lebih dari satu dekade. Menjadi salah satu playmaker terbaik meski tanpa gelar juara di tingkat negara menjadikan kesuksesan yang di raih oleh Figo di level klub terasa kurang sempurna.

1. Zinedine Zidane
Zinedine Yazid Zidane atau yang kerap di sapa Zizou merupakan tipikal gelandang yang komplet. Selain memiliki skil olah bola di atas rata-rata, sang pemain juga di anugrahi insting membaca permainan yang dahsyat. Tercatat, Zidane menjadi salah satu pemain yang sukses di empat klub dan empat kompetisi berbeda ketika aktif bermain. Selain itu, Zizou juga telah mendapatkan semua gelar yang tersedia baik bagi klub maupun ketika membela Prancis di kejuaraan Eropa dan Dunia. Menurut data yang ada, Zidane telah meraih 10 gelar berbeda di tingkat klub dan dua gelar bergengsi tingkat negara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar