Rabu, 02 Mei 2012

Calon Penerima Sepatu Emas Eropa

sepatu emas cristiano ronaldoCristiano Ronaldo, Mario Jardel, dan Kevin Phillips adalah beberapa pemain yang pernah meraih status sebagai penerima gelar sepatu emas Eropa. Gelar yang di peruntukan bagi para pemain sepak bola di seluruh kompetisi lokal di setiap negara yang berafiliansi ke UEFA dengan acuan gol yang di hasilkan dan tingkat persaingan kompetisi. Dengan menggunakan acuan seperti ini, seorang pemain yang mencetak banyak gol namun bermain di kompetisi yang persaingannya tidak ketat belum tentu bisa meraih gelar sepatu emas Eropa.

Setelah hampir seluruh liga di benua biru mendekati akhir kompetisi, UEFA selaku asosisasi sepak bola tertinggi di benua tersebut ikut menyusun daftar para calon penerima gelar sepatu emas Eropa ini. Nominasi untuk saat ini sepertinya di kuasai oleh nama-nama besar yang telah di kenal luar oleh para pecinta sepak bola. Sebut saja Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di La Liga Spanyol, Robin Van Persie dan Wayne Rooney yang berkiprah di Liga Inggris, Zlatan Ibrahimovic di Liga Italia, ataupun Mario Gomez yang bermain di ranah Bavaria, Jerman.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar calon penerima gelar sepatu emas Eropa seperti yang di muat oleh situs resmi UEFA.
  1. Cristiano Ronaldo (Real Madrid), 42 gol x 2 poin = 84 poin
  2. Lionel Messi (Barcelona), 41 gol x 2 poin = 82 poin
  3. Robin van Persie (Arsenal), 27 gol x 2 poin = 54 poin
  4. Wayne Rooney (Man. Utd), 26 gol x 2 poin = 52 poin
  5. Marion Gomez (Muenchen), 25 gol x 2 poin = 50 poin
  6. Klass Jan Huntelaar (Schalke), 25 gol x 2 poin - 50 poin
  7. Zlatan Ibrahimovic (AC Milan), 24 gol x 2 poin = 48 poin
  8. Burak Yilmaz (Trabzonspor), 32 gol x 1,5 poin = 48 poin
  9. Aleksanrs Cekulajevs (Trans Narva), 46 gol x 1 poin = 46 poin
  10. Sergio Aguero (Man. City), 22 gol x 2 poin = 44 poin
  11. Falcao (Atl. Madrid), 22 gol x 2 poin = 44 poin
Peraturan :
Hanya lima negara yang menduduki posisi tertinggi di klasmen UEFA - Spanyol, Inggris, Jerman, Italia, dan Prancis - yang poin setiap gol nya di kalikan dengan dua (2). Hal ini di lakukan  bertujuan untuk menekankan perbedaan persaingan yang berlangsung di kompetisi setiap negara serta para pemain yang terlibat di dalam kompetisi tersebut.

Bagaiman ? Apakah pemain favorit kalian masuk di dalam daftar calon penerima gelar sepatu emas Eropa ini ? Jika pemain favorit kalian masuk kedalam daftar saya ucapkan selamat, bagi yang belum semoga musim depan pemain favorit kalian bisa masuk kedalam daftar ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar