Rabu, 23 Januari 2013

Wacana Penutupan Situs TokoBagus.com


Wacana dari salah satu anggota DPR-RI Mahfudz sidiq dari PKS yang menginginkan penutupan situs jual beli paling populer di Indonesia TokoBagus.com atas alasanpenjualan bayi bisa memberikan dampak negatif terhadap bisnes online di Indonesia.

Mencuatnya kasus penjualan bayi via online yang melanda situs TokoBagus.com memang sangat disesali dan seharusnya ditindak lanjuti dengan penuh berhati-hati, Kasus penjualan bayi via online merupakan tindakan tidak manusiawi yang tidak dapat diterima akal sehat dan termasuk dalam tindak kejahatan cyber yang melanggar hak asasi manusia tentunya.

Tetapi wacana yang dikemukakan salah satu anggota DPR-RI Mahfudz sidiq dari PKS yang meminta pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo untuk segera menutup situs jual beli TokoBagus.com dirasakan cukup gegabah, Sebagai seorang anggota DPR seharusnya Mahfudz sidiq lebih berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan sedemikian kepada media terhadap kasus yang masih dalam penanganan pihak yang berwenang dalam hal ini Kepolisian Indonesia.

Sikap cepat melatah seperti ini semakin menjadi-jadi dan menjadi lumrah di kalangan sebagian wakil rakyat kita dewasa ini dalam menanggapi isu-isu terkini, Bagaimana nasib Rakyat Indonesia apabila wakil-wakil mereka yang sangat diharapkan menjadi pembela nasib rakyat tetapi justru bertindak secara gegabah? Cukup sembrono untuk ukuran seorang wakil rakyat yang mendahului pihak kepolisian yang masih melakukan investigasi dan penyelidikan. Dengan mengeluarkan Pernyataan sedemikian tentu boleh membawa dampak yang negatif terhadap perkembangan bisnes online di Indonesia.

Kita harus yakin jika pihak kepolisian Indonesia punya kemampuan untuk menyelidiki dan mengusut tuntas kejahatan cyber yang berlaku di TokoBagus.com pada khususnya dan kejahatan cyber yang lain pada umumnya hingga pada akhirnya dapat mengheret dan mendakwa pihak yang bersalah ke muka Pengadilan.

Dampak negatif secara langsung adalah kurangnya tingkat kepercayaan pengguna internet dan pelaku bisnis online dunia terhadap bisnis online Indonesia,Juga makin menebalnya anggapan masyarakat awam terhadap keburukan dan image negatif bisnis online di internet yang di sering identikkan dengan penipuan,scam,pemalsuan,dan image negatif lainya. Anggapan negatif terhadap bisnis online di internet oleh sebagian besar masyarakat kita pada hari akan lebih kuat dengan mencuatnya kasus penjualan bayi via online di Tokobagus.com tersebut.



Secara tidak langsung ia juga memberikan dampak negatif berupa menurunnya tingkat kewibawaan dan kepercayaan pasar terhadap marketing online Indonesia yang sedang tumbuh dan mulai dipercaya di pasar internasional. Sehingga akan menurunkan pendapatan dan keuntungan pelaku bisnis online di Indonesia.
Kejadian penjualan bayi via online yang menimpa TokoBagus.com ini tentunya sedikit banyak juga akan memberikan dampak negatif terhadap perkembangan bisnis online Indonesia yang sedang menggeliat. Diperlukan tindakan menyeluruh dari pengguna inernet itu sendiri hingga ke pemerintah untuk mengeluarkan undang-undang dan kebijakan kepada pengguna internet di Indonesia yang lebih tersusun dan sistematis agar kejadian kejahatan cyber seperti ini tidak berulang dan menjadi yang pertama dan terakhir pernah berlaku di Indonesia..
Maraknya weblog,situs jual beli,situs iklan baris seperti toko online dan sebagainya yang dewasa ini berkembang cukup pesat di Indonesia, seharusnya dapat diberdayakan scara optimal sehingga bisnes online Indonesia mampu menjadi nadi pertumbuhan ekonomi negara yang masih tertatih-tatih hingga ke hari ini.

Pada akhirnya seluruh pengguna internet di Indonesia berharap agar wacana penutupan situs TokoBagus.com dan kasus penjualan bayi yang menimpa situs tersebut segera dapat ditangani dan tidak memberikan dampak yang lebih buruk bagi perkembangan bisnes online di Indonesia. Termasuk berupa tindakan yang tegas perlu diambil terhadap pelaku ,walaupun jika seandainya iklan penjualan bayi di TokoBagus.com tersebut semata-mata tindakan iseng dan main-main belaka. dengan tegasnya pihak berkuasa semoga daakan menjadi pengajaran dan dapat diambil hikmah dan pelajarannya bagi kita semua pengguna internet Indonesia.

source : http://www.centraniaga.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar