Sabtu, 02 April 2011

SalingSapa.com ternyata bukan buatan indonesia


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijYZIvCzx4KunOxPPbOlFj-JVbFHvPk-x0oMzZjiiuHBhFlIC_ysQ_IgOKGhrWGGMGF2DN7SfmggTEFFM2MWEo2YxqeMNQ3M9gx8LijvT_2w-bBAIu8-8XY5uZarqsyT0VgwbyJRsotLY/s1600/SalingSapa.jpg

Kabar dari Bandung, ada bocah SMP yang membuat situs semacam facebook. Nggak tanggung-tanggung, anak tersebut diberikan kesempatan presentasi di hadapan menteri, rektor, mahasiswa, pegiat TI, dan banyak lagi di aula kampus ITB. salingsapa.com memang menggunakan open source Jcow.

Ternyata, situs buatan bocah yang diapresiasi sudah menjadi bahan diskusi hangat kemarin. Tidak ada keraguan lagi kalo salingsapa.com memang memakai Jcow dan Muhammad Yahya Harlan hanya melakukan kustomisasi saja (plus menghilangkan credit pada Jcow).

Yang patut disesalkan dari kejadian ini adalah sikap lebay dari banyak pihak. Media, kampus, hingga menteri yang konon berniat mematenkan dan memberi bonus beberapa server untuk kelangsungan situs jejaring sosial “buatan anak bangsa” tersebut. Pak menteri, apanya yang mau dipatenkan kalo itu open source under license bikinan orang lain?


jcow tempat mendownload scipt untuk situs jejaring sosial

Apresiasi memang perlu diberikan kepada anak-anak yang berbakat. Tetapi jika overdosis dan kurang pada tempatnya, justru kasihan dengan anak tersebut. Kadang-kadang ambisi orang tua atau guru di sekolah juga ikut andil dalam kasus seperti ini. Jika benar klaim bahwa salingsapa.com dikunjungi ratusan ribu pengunjung tiap hari, tentu ini perlu sokongan modal yang lumayan besar. Pertanyaannya, siapa pemodal besar tersebut?

 tidak perlu sama sekali membandingkan kehebohan ini dengan facebook dan pemiliknya Mark Zuckerberg. Karena ini seperti bumi dan langit ketujuh jauhnya.

ternyata script salingsapa.com bisa di download oleh siapa saja. sayangnya menteri komunikasi tidak tau apa apa langsung mau mematenkan. kalau begini, apa kata dunia. nanti dunia akan mengira kita seperti malaysia yang suka main klaim sana sini. 
sumber : http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=70458

Tidak ada komentar:

Posting Komentar